komponen umum

Dehumidifier pada Dry Cabinet Wonderful

Dry cabinet berguna untuk menyimpan benda-benda yang mesti disimpan pada kelembaban rendah. Contohnya kamera dan lensa kamera. Selain Dry cabinet, bisa juga menggunakan dry box. Perbedaan utamanya: dry cabinet menggunakan pengering (dehumidifier) otomatis bertenaga listrik, sedangkan dry box mesti dikeringkan dengan pengering yang mesti diganti/diregenerasi jika sudah jenuh.

Berikut ini tahap-tahap memperbaiki dehumidifier pada dry cabinet Wonderful AD-068C. Singkat cerita ada kabel yang putus di dalamnya, sehingga proses pengeringan tidak bekerja.

Berikut ini tampak depan dari dry box Wonderful.

wonderful dry box dehumidifier bagian depan

Berikut ini perangkat pengering yang terletak di bagian belakang box dry cabinet.

wonderful dry box dehumidifier bagian belakang wadah

Pengering ini dapat dicopot dengan cara melepas dulu 4 sekrup di 4 pojoknya.

Berikut ini tampak belakang pengering yang sudah dicopot dari kotaknya.

wonderful dry box dehumidifier kotak bagian belakang

Berikut ini tampak depan dari alat pengering. Nampak ada knop pengatur kelembaban. Fungsi knop ini adalah mengatur kelembaban yang ingin dicapai di dalam kotak dry box. Tidak ada angka kelembaban pada knop tersebut, sehingga penyetelan kelembaban lebih dengan cara trial-and-error.

wonderful dry box dehumidifier  kotak bagian depan

Berikut  ini bagian dalam dari kotak pengering.

wonderful dry box dehumidifier pengontrol dan pemanas
Bagian dalam kotak pengering (bagian 1)

Berikut bagian dalam bagian depan yang berisi pengatur kelembaban.

 

wonderful dry box dehumidifier pengendali kelembaban
Bagian dalam kotak pengering (bagian 2)

Setelah diperiksa ternyata ada sebuah kabel yang putus. Kabel tersebut fungsinya adalah pemanas pegas yang menggerakkan katup.

Setelah ketahuan masalahnya, kabel disambung dengan cara disolder. Beres.

Cara kerja kotak pengering ini menarik. Kira-kira sebagai berikut:

  • Sensor kelembaban mendeteksi kelembaban di dalam kotak dry cabinet. Jika kelembaban kurang dari batas tertentu, maka ada sebuah sakelar yang menjadi ON. Jika kelembaban sudah cukup rendah, sakelar menjadi OFF.
  • Komponen utama pengering adalah menggunakan butiran yang saya duga adalah silica-gel. Silica gel ini dapat menyerap air di udara, sehingga udara menjadi kering. Namun ada batasnya, sehingga kalau sudah jenuh maka silica gel ini tidak dapat menyerap air lagi.
  • Silica gel dikeringkan dengan cara dipanaskan dengan pemanas elektrik. Pemanas ini dikendalikan oleh sebuah pengendali (controller).
  • Ada sebuah katup yang mengatur apakah silica-gel terhubung ke dalam dry cabinet, atau terhubung ke luar dry cabinet.
  • Ketika sedang mengeringkan, maka silica gel mesti terhubung ke dalam dry cabinet, supaya dapat menyerap kelembaban di dalam dry cabinet.
  • Ketika silica-gel dipanaskan, maka silica gel mesti dihubungkan ke luar dry cabinet, supaya uap air yang dilepaskan tidak masuk lagi ke dalam dry cabinet.
  • Ada sebuah katup yang fungsinya menghubungkan silica gel ke luar atau ke dalam. Katup ini digerakkan oleh sebuah pegas. Uniknya, pegas ini mengecil jika dipanaskan, dan mengendor jika didinginkan. Dugaan saya pegas ini menggunakan logam-ingat-bentuk (shape-memory-alloy).
  • Ada 2 pemanas pada sistem ini, yang pertama fungsinya mengeringkan silica-gel, yang kedua fungsinya menggerakkan pegas katup.
wonderful-dry-cabinet- katup ditarik pegas
Katup ketika ditarik oleh pegas
wonderful-dry-cabinet- katup kendor
Katup dengan pegas kendor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by: Wordpress