Uncategorized

Penggunaan Adaptor Yang Ampernya Lebih Besar daripada Yang Diperlukan

Perangkat elektronik memerlukan sumber daya, salah satunya adalah adaptor. Kebutuhan listrik perangkat biasanya dinyatakan dalam tegangan dan arus, misal 12 volt, 5 ampere. Salah satu permasalahan yang sering membingungkan adalah bagaimana kalau adaptor yang tersedia tegangannya cocok, namun ampernya lebih besar dari yang diperlukan.

 

 

Persoalan

Contoh persoalannya sebagai berikut:

Maaf mau tanya tentang adaptor.
Apakah adaptor 12 volt 5 Ampere (anggap saja murni 5 ampere), itu artinya dia mengeluarkan tegangan 12 volt dan arus konstan 5 ampere ?
Atau arus yg dikeluarkan hanya sesuai kebutuhan beban yg dilalui ?
Misal bebannya lampu 12 volt 1A, jika di beri adaptor 12 volt 5 A, maka output adaptor tersebut hanya 12 volt 1A sesuai beban nya ?

Atau malah sebaliknya, lampu nya bisa rusak karena keluaran dari adaptor full 5 Ampere.

Jawaban

Adaptor yg banyak dijual umumnya dapat dipandang sebagai sumber tegangan. Artinya adaptor menjaga tegangan konstan, sementara arus berubah sesuai keperluan. Adaptor punya batas arus maksimum, di atas batas itu tegangan tidak bisa dijaga (turun) atau sekringnya putus.

Jadi penggunaan adaptor yang arusnya lebih besar daripada yang diperlukan tidak menjadi masalah. Adaptor akan memberikan tegangan sesuai dengan yang disebutkan (misal 12 volt), sedangkan arus yang disediakan akan disesuaikan dengan arus yang diperlukan oleh perangkat elektronik tersebut. Biasanya arus yang diperlukan akan berubah-ubah tergantung apa yang sedang dikerjakan oleh perangkat tersebut.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by: Wordpress