Penggunaan Adaptor Yang Ampernya Lebih Besar daripada Yang Diperlukan

Penggunaan Adaptor Yang Ampernya Lebih Besar daripada Yang Diperlukan

Perangkat elektronik memerlukan sumber daya listrik. Salah satu sumber daya yang sering dipakai adalah adaptor. Kebutuhan listrik perangkat biasanya dinyatakan dalam tegangan dan arus, misal 12 volt, 5 ampere. Salah satu permasalahan yang sering membingungkan adalah bagaimana kalau adaptor yang tersedia tegangannya cocok, namun ampernya lebih besar dari yang diperlukan.

Persoalan

Contoh persoalannya sebagai berikut:

Maaf mau tanya tentang adaptor.
Apakah adaptor 12 volt 5 Ampere (anggap saja murni 5 ampere), itu artinya dia mengeluarkan tegangan 12 volt dan arus konstan 5 ampere ?
Atau arus yg dikeluarkan hanya sesuai kebutuhan beban yg dilalui ?
Misal bebannya lampu 12 volt 1A, jika di beri adaptor 12 volt 5 A, maka output adaptor tersebut hanya 12 volt 1A sesuai beban nya ?

Atau malah sebaliknya, lampu nya bisa rusak karena keluaran dari adaptor full 5 Ampere.

Jawaban

Adaptor yg banyak dijual umumnya dapat dipandang sebagai sumber tegangan. Artinya adaptor menjaga tegangan konstan, sementara arus berubah sesuai keperluan. Adaptor punya batas arus maksimum, di atas batas itu tegangan tidak bisa dijaga (turun) atau sekringnya putus.

Jadi penggunaan adaptor yang arusnya lebih besar daripada yang diperlukan tidak menjadi masalah. Adaptor akan memberikan tegangan sesuai dengan yang disebutkan (misal 12 volt), sedangkan arus yang disediakan akan disesuaikan dengan arus yang diperlukan oleh perangkat elektronik tersebut. Biasanya arus yang diperlukan akan berubah-ubah tergantung apa yang sedang dikerjakan oleh perangkat tersebut.

Apa yang terjadi kalau adaptor dengan arus besar dihubungkan ke beban yang arusnya lebih kecil dari arus adaptor? Pada kasus ini adaptor akan mengeluarkan tegangan sesuai spesifikasinya, misal 12 volt, sedangkan arusnya disesuaikan dengan kebutuhan dari beban. Jika beban perlu 1 ampere sedangkan adaptor 5 ampere, maka arus yang keluar hanya akan di 1 ampere saja.

Apa yang terjadi kalau adaptor dengan dihubungkan ke beban yang arusnya lebih besar daripada kemampuanarus adaptor? Pada kasus ini dapat terjadi beberapa kemungkinan:

  • Pada adaptor yang bagus dengan pengaman arus lebih: adaptor jenis ini jika arus yang diminta terlalu besar, maka arusnya akan dibatasi. Konsekuensinya tegangan keluaran akan turun.
  • Pada adaptor yang bagus dengan pengaman tipe foldback: adaptor jenis ini jika arus yang diminta terlalu besar, maka arusnya akan diperkecil dan juga tegangan akan dikurangi. Adaptor perlu direset / dimatikan dulu supaya dapat kembali ke kondisi semula.
  • Adaptor dengan fuse/sekering resettable: fuse akan memanas dan akan akan mengurangi arus. Kalau fuse dingin, adaptor kembali ke keadaan semula.
  • Adaptor dengan sekering biasa: sekering akan putus dan perlu diganti baru
  • Adaptor tanpa pengaman: dapat terjadi panas berlebih yang merusak adaptor, atau ada komponen yang rusak/ terbakar.

Perbandingan power supply omron 12 volt
Perbandingan power supply omron dengan power supply lain

Referensi

32 thoughts on “Penggunaan Adaptor Yang Ampernya Lebih Besar daripada Yang Diperlukan

  1. saya punya speaker simbadda cst 626n, karena adaptor charge nya hilang saya ndak tahu harus beli adaptor yang brp ampere..namun pada perangkat speaker tertulis DC 9V pada colokan charger,,kira2 saya harus membeli adaptor yang brp volt ampere ya om? karena saya sdh beli adaptor DC 9V 2A tidak ada arus yang masuk! untuk kapasitas batre 2000mah dan 30W. Mohon masukannya om.

        1. Maaf master melenceng…saya punya cctv, gimana cara ubah arus adaptor dari ac ke dc, soal nya jauh dari jangkauan listrik…cara ngehidupkan cctv nya pakai aki, tanpa inverter.

          1. CCTV biasanya menggunakan tegangan DC 12 volt, dan punya toleransi sekian persen. Jadi CCTV dapat langsung dihidupkan dengan aki 12 volt.
            Yang perlu dicek:
            – berapa tegangan power supply CCTV? berapa volt toleransinya? Karena tegangan Aki biasanya 12 volt lebih sedikit ketika baru diisi, dan 12 volt kurang sedikit ketika isinya sudah berkurang.
            – berapa arus total yang diperlukan CCTV? Cek di spesifikasi CCTV, biasanya disebutkan arus atau komsumsi daya yang diperlukan.
            – Berapa lama CCTV menyala? Aki punya kapasitas biasanya dalam Ah (ampere-hour atau ampere jam). Makin lama waktu CCTV menyala, maka makin besar kapasitas aki yang diperlukan
            – Berapa waktu untuk mengisi ulang aki? Apakah aki diisi pakai jala-jala listrik PLN, atau pakai sumber lain. AKi perlu waktu beberapa jam untuk diisi penuh, bisa 5 ~ 10 jam tergantung aki dan chargernya

          2. Assalamualaikum.. saya mau pakai PC punya teman tp dia hilang adaptornya. Hanya saya lihat di keterangan belakangnya ada tulisan:
            Input: 24V =/5A,120 W dan di soket belakangnya pakai 4 pin tulisan 24 V DC In.

            Kalau saya beli adaptor yg cocok apa ya?

            Terima kasih sebelumnya untuk jawabannya

          3. Wa alaikum salam,
            Mestinya pakai adaptor 24 volt 5 ampere bisa. Banyak yang jual. Cuma mesti cek tipe PC nya, untuk memastikan konfigurasi pin-pin power supply.
            Lebih aman kalau pakai power supply yang sama dengan aslinya, jadi tidak repot lagi memastikan konfigurasi pin.

  2. Bahayakah mengganti adaptor 12v-1,5a pada receiver parabola yang menggunakan adaptor 12v-1,0a?

    1. Aman.
      Adaptor sebelumnya 12V dengan arus 1,0A. Adaptor ini mampu memberikan tegangan konstan 12 volt asal arus kurang dari 1 ampere. Arus 1 ampere ini adalah arus maksimal yang dapat diberikan oleh adaptor. Dalam prakteknya arus yang diberikan akan kurang dari itu.
      Adaptor 12V 1,5A mampu memberikan tegangan konstan 12 volt, dengan arus maksimal 1,5 ampere. Nantinya arus yang diberikan akan otomatis disesuaikan dengan kebutuhan dari perangkatnya.

  3. saya punya adaptor 12v 3A untuk menyalakan 2 buah LED hard strip dengan masing2 LED hard strip 1.2A, pada saat saya nyalakan awalnya normal lalu beberapa saat kemudian LEDnya mati nyala mati nyala itu kenapa?

    1. 1 buah LED strip perlu arus 1,2 ampere. 2 buah LED strip perlu arus 2,4 ampere.
      Ada kemungkinan adaptornya tidak kuat dengan arus 2,4 ampere, sehingga di dalamnya terjadi panas berlebih yang menyebabkan adaptornya mati sendiri secara otomatis. Bisa juga LED stripnya ternyata minta arus lebih dari 1,2 ampere.
      Coba dicek kalau pakai 1 LED strip saja apakah normal.

  4. Untuk mesincuci motor boleh gak 12 volt, 3.5 ampere kit pakai adaptor 12 volt, 5 ampere

    1. boleh, malah lebih baik.
      nanti arus yg ditarik dari adaptor akan disesuaikan dengan kebutuhan.
      adaptor buatan Cina biasanya mabok kalau dipakai terlalu mendekati batas arusnya.
      lebih baik pakai yg 5 ampere untuk jaga-jaga.

  5. Informasinya sangat bermanfaat dan lugas. Makasi banyak pak sharing ilmunya , salam sehat semua

  6. selamatpagi , saya mau tanya , monitor pc saya 12v 3.A berhubung adaptor nya rusa sementara saya pakai adaptor laptop yang output nya 19.5 2.31A apakah masih aman saya gunakan di monitor saya

    1. Monitor anda perlu tegangan 12 volt 3 ampere. Pakailah adaptor dengan tegangan yang sama (12 volt) , dengan arus sekurang-kurangnya 3 ampere. Jangan gunakan tegangan lebih besar.
      Adaptor laptop 19.5 volt 2.31 ampere dapat merusak monitor PC anda.

  7. Mohon jawabannya om, dvr saya memakai adaptor 12V 2A, kalau saya pakai adaptor 12V 5A ada masalah tdk ya…

  8. Pagi Om.. Sya punya laptop dgn tegangan 19Volt = 2,15A(2,15A)… Adaptor sblmnya rusak, tmn ada adaptor dgn tegangan 20Volt = 2A.. Apakah msh aman Om untuk di pakai? Terima kasih..

    1. Kurang aman. Lebih baik diganti dengan yang tegangannya sama dan arusnya cukup. Kita tidak tahu seperti apa rangkaian di dalam laptop tersebut. Jadi kalau dipaksa dengan tegangan 20 volt akan untung-untungan.

  9. Apakah adoptor yg biasa digunakan buat laptop spec input 110-250V output 220V Fuse 3A Merk Bonic Model 500VA dpt digunakan buat TV LG 37″ powernya AC 100-240V 50/60Hz, 2.0A?
    Mohon jawabannya di cc kan jg ke email sy.
    Tks. Salam.

  10. pagi om.. JBL saya adaptor tegangan13v arus 3,23a hilang,saya ganti dg adaptor 12v 6a.. apakah aman? terimakasih jawabannya

    1. Aman.
      Tegangan dari adaptor 12 volt tidak akan merusak JBL yang biasanya menggunakan tegangan 13 volt.
      Arus 6 ampere dari adaptor adalah arus maksimal yang dapat ditarik. Arus yang dipakai akan otomatis menyesuaikan dengan kebutuhan, tidak akan melebihi arus normal (3,23 ampere).
      Suara mungkin tidak akan senyaring kalau pakai adaptor 13 volt.

  11. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh…maaf mau nanya…kalau adaptor stb sebelumnya 12v diganti adaptor yg 5v aman gak ya? Terima kasih

    1. wa alaikum salam wr wb,
      Adaptor 12 volt kalau diganti 5 volt, kemungkinan besar alatnya jadi tidak jalan. Tidak merusak sih. Jarang sih ada alat yang jalan dengan adaptor 12 volt bisa jalan dengan adaptor 5 volt.

  12. Mau tanya mas saya ada tv merek coocaa nah adaptor nya 12v 3a, kalau saya beli adaptor yang ampere nya lebih dari 3 apakah ada pengaruh terhadap kerusakan tv ??mohon bantuan nya mas ..saya sudah beli 3x adaptor disitu sama ukuran nya 12v 3a tp tv saya nyalakan cuman kuat 2jam habis itu mati lagi saya bingung harus ganti adaptor yang kaya gmn lg ..terima kasih mas ..

    1. Cuma kuat nyala 2 jam itu maksudnya bagaimana ya? apakah setelah 2 jam power supplynya mati / rusak? Atau apakah setelah 2 jam mesti ‘istirahat’ dulu ?
      Kalau pakai adaptor yang ampernya lebih tinggi dari seharusnya maka tidak apa-apa.

  13. Assalamualaikum, om saya punya tv LG adaptornya 19v 2.1a rusak di ganti pakai adaptor laptop 19v 3.16a aman lah om?

    1. aman, yg penting tegangannya sama dan kemampuan arusnya lebih besar daripada yang digantikan.

  14. Mohon penjelasan nya suhu…
    Sy ada ampli mau saya pasang di mobil… Diampli tertulis 12v 5A apa kah aman jika saya pasng di Aki mobil ukuran 12v 40A…
    selanjut nya apa saya langsung pasang ambil arus dari aki langsung atau bagaimana sebaik nya..
    Trims penjelasanan nya suhu..

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.