rangkaian

Membongkar Raket Nyamuk Kenmaster KM-089

Pada tulisan ini diuraikan hasil dari membongkar raket nyamuk merek Kenmaster tipe KM-089, disertai dengan analisis ringkas tentang isi dari raket nyamuk tersebut.

Berikut ini adalah raket nyamuk Kenmaster KM-089.

Raket nyamuk Kenmaster KM-089

Raket nyamuk ini dapat dipisah menjadi bagian jaring, dan bagian senter. Bagian senter berisi batere, senter dan colokan untuk melakukan charging ulang batere dari raket nyamuk tersebut.

Jaring dan senter

Jaring dan senter

Membongkar Raket Nyamuk

Tahap pertama pembongkaran adalah membuka bagian senter.

Bagian dalam bagian senter

Secara sepintas pada bagian senter terdapat batere, papan rangkaian yang nampaknya berisi rangkaian charger, dan lampu senter LED.

Rangkaian charger bagian atas

Rangkaian charger bagian bawah

Rangkaian charger nampak sederhana, berisi dioda penyearah, kapasitor, LED indikator dan resistor. PCB menggunakan single layer. Tertulis tipe PCBnya: “NX-089B”

Rangkaian charger tampak samping

Tahap selanjutnya adalah membuka bagian jaring.

PERHATIAN: kapasitor di rangkaian dapat berisi tegangan ribuan volt, sehingga sebelum membuka tutup, lakukan hubung singkat pada jaring supaya listrik yang tersimpan di kapasitor dapat dibuang dan tidak membahayakan. Proses hubung singkat dapat dilakukan dengan obeng.

 

Membuang muatan pada raket nyamuk dengan obeng

Membuang muatan pada raket nyamuk

Berikut ini bagian jaring yang sudah dibuka tutupnya, sehingga dapat dilihat rangkaian di dalamnya.

Jaring dibuka

Berikut ini rangkaian elektronik pada bagian jaring raket nyamuk.

Rangkaian jaring raket nyamuk

Rangkaian pada jaring menerima masukan 4 volt dari bagian senter, dan kemudian menaikkan tegangan tersebut menjadi ribuan volt dengan rangkaian sederhana berbasis transistor, transformator, dioda dan kapasitor.

 

Kapasitor pada rangkaian penaik tegangan

Kapasitor kecil pada rangkaian penaik tegangan

 

 

Transistor KJL 882 pada rangkaian jaring

 

Bagian bawah rangkaian jaring

 

Rangkaian pada jaring cukup sederhana, hanya menggunakan PCB single layer.

 

Analisis Rangkaian

Secara ringkas, sistem keseluruhan elektronik raket nyamuk adalah sebagai berikut ini:

Blok diagram rangkaian raket nyamuk lengkap

Blok diagram rangkaian raket nyamuk

Tegangan jala-jala listrik 220 volt disearahkan dan diregulasi, untuk dapat mengisi batere SLA 4 volt. Tegangan dari batere dapat dipakai untuk menyalakan senter. Tegangan dari batere juga dapat dinaikkan menjadi ribuan volt untuk elektrifikasi jaring nyamuk.

Batere

Batere yang digunakan tidak jelas modelnya, namun dari hasil pencarian di internet dengan kata kunci ‘mosquito killer battery’ , didapatkan batere yang bentuknya mirip dengan yang dipakai di raket nyamuk tersebut.

Batere raket nyamuk

4V300mAh Lead Acid Mosquito Killer Battery

Sumber: [SunBestHK]

Dari penelusuran di toko online, batere 4V dengan bentuk serupa juga dijual di beberapa tempat:

Batere 4V Emergency

Batere 4V Emergency

Dari hasil pengukuran, didapatkan tegangan keluaran batere tersebut bervariasi antara 4 volt sampai 4,2 volt, jadi cocok dengan kisaran keluaran tegangan batere SLA (Sealed Lead Acid) yang terdiri dari 2 sel (masing-masing 2 volt).

Rangkaian Charger

Rangkaian charger berisi penyearah dari 220 volt untuk mengisi ulang batere, serta sakelar untuk memilih mode senter atau mode raket.

Sketsa rangkaian charger

Untuk mengisi batere SLA 4 volt diperlukan tegangan sekitar 4,4 volt. Tegangan 4,4 volt ini diperoleh dari input 220 volt dengan cara menghubungkan seri kapasitor 1 nF. Jadi tidak diperlukan transformator untuk menurunkan tegangan. Pada rangkaian charger ini tidak ada deteksi batere penuh, sehingga dapat terjadi pengisian berlebih (overcharge) pada batere. Pengguna mesti menghentikan pengisian kalau dirasa batere sudah penuh.

Lampu indikator pengisian menggunakan LED yang memerlukan tegangan sekitar 2 volt untuk dapat menyala. Penurunan tegangan ini dilakukan dengan menggunakan tangga resistor 4k7 dan 220k.

Rangkaian Penaik Tegangan

Rangkaian penaik tegangan pada jaring fungsinya adalah menaikkan tegangan batere dari 4 volt menjadi ribuan volt supaya dapat membunuh nyamuk.

Uraian setiap komponen adalah sebagai berikut

  • Transformator yang dipakai memiliki 3 kaki, namun tidak jelas tipenya. Kemungkinan juga transformator tersebut dibuat khusus.
  • Pada kapasitor besar tertulis 223J2.0KV, sehingga dapat disimpulkan kapasitasnya 22 nF dengan tegangan maksimum 2 kilovolt atau 2000 volt. Dari kedua kaki kapasitor dipasang kabel ke jaring-jaring, sehingga nampaknya tegangan kerja dari jaring adalah kurang dari 2000 volt.
  • Pada kapasitor yang lebih kecil berwarna biru tertulis 101 3KV, artinya kapasitas kapasitor itu adalah 100 pF dengan tegangan maksimuk 3000 volt.
  • Pada transistor di rangkaian jaring tertulis “KJL 882”. Dari hasil penelusuran, transistor tersebut tipenya adalah 2SD882. [Datasheet 2SD882]
  • Dioda pada rangkaian jaring menggunakan tipe “RFC4K”. Kemampuan utama dioda ini adalah arus maksimum 200 mA, tegangan 4.0kV, switching 500 ns. Detail keterangan dapat dilihat di datasheet RFC4K.  Dioda RFC4K dan kapasitor 100 nF dipasang dengan konfigurasi rangkaian doubler.
  • Terdapat resistor 1k5 yang merupakan bagian dari osilator, dan resistor 33 ohm yang diseri dengan LED indikator.

Sketsa rangkaian penaik tegangan

 

Skema rangkaian penaik tegangan

Skema rangkaian penaik tegangan

 

Rangkaian penaik tegangan terdiri dari 2 bagian, yaitu osilator dan penaik tegangan.

Rangkaian osilator yang digunakan sangat sederhana, hanya menggunakan 1 transistor NPN, 1 resistor dan 1 transformator. Jenis rangkaiannya kemungkinan adalah “Blocking Oscillator“.

Contoh rangkaian blocking oscillator yang mirip adalah sebagai berikut [dari artikel “Simple Blocking Oscillator for Waste Battery’s Voltage Enhancement“]

Rangkaian blocking oscillator sederhana

Rangkaian penaik tegangan menggunakan “Full wave voltage quadrupler”.  Contoh rangkaian dan penjelasannya dapat dilihat di artikel “Voltage Multipliers (Doublers, Triplers, Quadruplers, and More)

 

Penaik tegangan 4x gelombang penuh (full wave voltage quadrupler)

Rangkaian voltage quadrupler

 

Referensi

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by: Wordpress