komponen

Sensor Tekanan Air

Berikut ini sensor tekanan air yang saya beli di eBay:

Sensor tekanan air lengkap

Sensor tekanan air lengkap

Close up sensor tekanan air

Close up sensor tekanan air, cuma kelihatan angka 1.2 MPa dan ‘1214’

Berikut ini foto sensor tekanan yang dihubungkan ke socket 1/2 inch dengan menggunakan V Ring 1/2 inch ke 1/4 inch.

Sensor tekanan air dihubungkan ke socket 1/2 inch melalui V Ring 1/2-1/4 inch

Sensor tekanan air dihubungkan ke socket 1/2 inch melalui V Ring 1/2-1/4 inch

 

Socket PVB 1/2 inch, Ring 1/2-1/4 inch dan sensor tekanan air 1/4 inch

Socket PVB 1/2 inch, Ring 1/2-1/4 inch dan sensor tekanan air 1/4 inch

Berikut ini foto sensor tersebut dari dari eBay:

Sensor tekanan air

Sensor tekanan air

Sensor tekanan air

Sensor tekanan air

 

Spesifikasi

DC5V 1/4 inch Pressure Sensor For Water Pressure Measurement

Note: The color of the item may vary slightly due to photography and your own computer
Suitable for wall hanging furnace, gas furnace, gas storage, etc all kinds of hydraulic pneumatic pressure measurement.
Fits for water,oil,non-corrosive gases, etc
Material:Carbon steel alloy
Color:Black
Model:1/4inch
Input:DC5V
Output:0.5-4.5V
Pressure range :0-1.2 MPa
Thread Diameter:approx.13mm/0.51inch
Hole Diameter:14mm/0.55 inch
Cable length:approx.15cm/5.9inch
Size:51x24mm/2×0.94 inch
Weight:54g
Wires connection: Red cable connect with power + (positive), black cable connect with power -(negative), blue coonect with singal outputPackage Include:
1x Pressure Sensor

25 Comments

  • rahajeng
    24/02/2015 - 11:48 | Permalink

    DC5V 1/4 inch Pressure Sensor For Water Pressure Measurement ini harganya berapa ? mohon info secepatnya. terimakasih.

    • admin
      24/02/2015 - 12:08 | Permalink

      untuk harganya dicek saja di ebay, harganya bervariasi naik turun.

  • Achamad abdul chamid
    04/02/2016 - 14:37 | Permalink

    Mas sensornya masih di pakai nggak?
    Klo nggak, boleh saya beli?
    Butuh cepet ini mas
    klo dari ebay nyampenya lama mas?
    Trus kalau seumpama nggak di jual , kira-kira beli nya di mana lagi ya mas selain di ebay klo di indonesia?
    Trimakasih atas perhatian nya mas

    • admin
      11/02/2016 - 13:20 | Permalink

      Lagi nganggur sih, cuma saya lagi sibuk juga, lagi rada susah ngurus kirim-kiriman barangnya.
      Kalau saya sih belinya di Ebay atau AliExpress

      • ingga
        11/09/2016 - 17:45 | Permalink

        mas boleh tau nggak cara kerja nya ini sensor spt apa??

  • ingga
    11/09/2016 - 17:46 | Permalink

    mas boleh tau gak cara kerja sensor ini seperti apa??

  • Anonim
    31/05/2017 - 18:48 | Permalink

    Mas nyari v ring nya dimana ya? Kok susah saya nyarinya

    • admin
      01/06/2017 - 21:10 | Permalink

      Saya cek di tokopedia, v ring ini namanya macam-macam: v-ring, vlock ring, bushing, vlok, flock, verlop, sok kran, vault ring, adapter. Saya beli di toko bahan bangunan yang agak besar di Bandung. Kalau repot cari saja di tokopedia/bukalapak.

      • darma
        10/07/2017 - 08:15 | Permalink

        sudah ketemu untuk v-ringnya, terimakasih mas.
        tapi saya nyari datasheetnya sensor ini kok gk ktemu yaa.
        mohon pencerahannya

      • mii
        10/07/2017 - 15:01 | Permalink

        sudah ketemu v ring nya, tapi saya nyari datasheetnya kok susah ya, ini tipe sensornya gmna ya?

        • admin
          11/07/2017 - 10:23 | Permalink

          yang saya lakukan:
          – kabel hitam: GND
          – kabel merah: 5 volt
          – kabel kuning: masuk ke Analog to Digital Converter di Arduino. Setelah itu tinggal masalah kalibrasi tekanan & tegangan.

          • temsy
            15/07/2017 - 11:15 | Permalink

            pa bantu saya dong, cari modul sensor tekanan dalam air

          • admin
            18/07/2017 - 23:19 | Permalink

            bisa dicari di toko online seperti tokopedia, bukalapak, aliexpress, ebay.

          • Mii
            16/07/2017 - 10:53 | Permalink

            Maaf tapi saya butuh datasheet nya apakah agan bisa memberi saran.. terimakasih

  • 15/07/2017 - 13:19 | Permalink

    masi bingun cara kerjanya

  • D
    10/12/2018 - 09:16 | Permalink

    Ini sensornya nanti langsung dimsukin ke air atau gimana?

  • Y
    10/12/2018 - 09:18 | Permalink

    Nanti sensornya ini langsung dimasukin ke aor atau gimana?

    • admin
      11/12/2018 - 18:12 | Permalink

      sensor ini disambung langsung ke pipa air.
      sensor ini pakai ulir drat 1/4 inch, sedangkan pipa air paling kecil adalah 1/2 inch, sehingga perlu socket dari 1/4 ke 1/2 inch, seperti yang ada di foto.

      • zaki
        21/12/2018 - 00:24 | Permalink

        disambung pake pipa T ya pak?? klw iya sensornya harus lurus dengn aliran air ato diatasnya bisa pak?? terimaksih

      • zaki
        21/12/2018 - 00:26 | Permalink

        pake pipa T ya pak?? klw iya, sensornya lurus dengn aliran air ato bisa di atas nya pak??
        terimakasih

        • admin
          22/12/2018 - 17:45 | Permalink

          disambung pakai pipa T bisa. arah sensor lurus atau di atas tidak masalah.

  • kibo
    19/12/2018 - 09:46 | Permalink

    mau tanya kalo jenis sensor ini bisa untuk mengukur MAT muka air tanah , menggunakan Mikrokontroler arduino , analog A0

    • admin
      22/12/2018 - 17:47 | Permalink

      Sensor tekanan ini cocoknya khusus untuk tekanan air dalam pipa. Untuk mengukur muka air tanah lebih cocok menggunakan sensor pengukur ketinggian air.

  • sutikno
    25/04/2019 - 08:38 | Permalink

    Mau tanya pak, saya lagi membuat alat perekam pressure air dengan tekanan air adalah 2 Mpa.
    apakah alat diatas bisa dipake pak ? sy pake kit arduino.
    kalo alat tersebut tidak support, kalo punya alat yg cocok boleh dibagi ref pak
    Terimakasih banyak

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Powered by: Wordpress