Kapasitas Aki Motor Versus Kapasitas Powerbank

Penampang belakang

Kapasitas Aki Motor Versus Kapasitas Powerbank

Kapasitas aki motor tercantum 5Ah, sedangkan kapasitas powerbank tercantum 10000 mAh, nah manakah yang lebih besar?

Singkatnya: 5Ah = 60 Wh, sedangkan 10000 mAh =  36 WH, jadi 5Ah lebih besar daripada 10000 mAh.

Detailnya dapat diikuti di bawah ini.

Sebagai contoh aki, digunakan baterai aki sel bassah Yuasa Yumicron YB5L-B.

Penampang belakang
Aki motor Yuasa dengan kapasitas 5Ah

Aki motor juga ada yang berkapasitas 5,3Ah (YTZ6V) dan 6 AH (YT7C)

Aki Yuasa YTZ6V dan YT7C
Aki Yuasa YTZ6V (5.3 Ah) dan YT7C (6 Ah)
Powerbank mi.com 10000 mAh
Powerbank mi.com dengan kapasitas 10000 mAh

Secara sepintas 5Ah = 5000 mAh, sedangkan 10000 mAh lebih besar daripada 5000 mAh, jadi disimpulkan bahwa kapasitas power bank lebih besar daripada kapasitas aki motor, padahal ukuran powerbank jauh lebih kecil daripada aki motor.

Perhitungan di atas keliru, karena tidak memperhitungkan tegangan batere, padahal kapasitas energi tidak dapat hanya membandingkan mAh saja, namun juga mesti memasukkan tegangan batere.

Rumus energi:

energi = kapasitas (mAh) x tegangan (volt)

Maka:

  • energi aki = 5Ah x 12 volt = 60 ampere volt hour = 60 WH
  • energi powerbank = 10000 mAh x 3.6 volt = 36000 mili ampere volt hour = 36 WH

Jadi kapasitas energi aki lebih besar daripada kapasitas energi powerbank.

Aki motor dan aki mobil umumnya menggunakan batere tipe asam-timbal (lead acid), sedangkan batere untuk powerbank umumnya menggunakan tipe lithium-ion.

Batere asam-timbal mempunyai keuntungan utaka harganya paling murah untuk mendapatkan kapasitas tertentu, kelemahannya adalah berat. Untuk kendaraan bermotor, berat ini tidak terlalu masalah karena batere yang digunakan tidak terlalu berat dibandingkan berat kendaraan keseluruhan. Berbeda dengan kendaraan listrik, di mana bobot batere cukup besar.

Batere lithium ion mempunyai keuntungan yaitu lebih ringan dibandingkan asam-timbal, namun harganya lebih mahal dibandingkan asam-timbal.

Perbedaan Aki Motor Dan Powerbank

Aki motor mirip dengan powerbank, yaitu sama-sama menyimpan energi listrik. Namun demikian ada perbedaan utama. Pada aki motor/mobil, pemakaian utama aki tersebut adalah untuk starter motor di awal yang memerlukan arus sangat besar. Setelah mesin motor/mobil menyala, pemakaian arus kecil saja. Batere jenis ini dikenal dengan baterai starter atau baterai SLI (Starting, Lighting, Ignition) . Struktur di dalam aki starter ini lebih untuk mencapai kemampuan arus yang besar, biasanya dengan menambah luas permukaan pada elektroda yang dipakai.

Batere pada powerbank memiliki pemakaian yang berbeda, yaitu arus yang relatif kecil dengan jangka waktu yang panjang. Untuk mencapai kemampuan ini tidak perlu luas permukaan besar, namun lebih penting adalah ketebalan dari elektroda yang dipakai. Batere seperti ini dikenal juga dengan baterai deep cycle.

Untuk menghitung kemampuan arus aki kendaraan (motor/mobil) dalam watt, dapat dilihat di artikel “Aki Motor Berapa Watt” dan “Accu 12V 6Ah Berapa Watt“.

Referensi

Menghitung Kapasitas Powerbank

One thought on “Kapasitas Aki Motor Versus Kapasitas Powerbank

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.