Aki Motor Berapa Watt?

Penampang belakang

Aki Motor Berapa Watt?

Aki motor dapat memberikan daya berapa watt?

Jawaban ringkas

Tergantung jenis akinya. Untuk contoh aki YB5L-B, dayanya adalah 60 watt selama 10 jam atau 63,6 watt selama 20 jam, atau 720 watt selama beberapa detik (untuk start motor).

Jawaban panjang

Watt adalah satuan daya. Untuk dapat menghitung daya, rumusnya adalah P= VxI , dengan V: tegangan baterai, I: arus baterai. Tegangan aki motor biasanya adalah 12 volt, angka ini mudah dicari di spesifikasi aki tersebut. Arus agak sedikit kompleks, karena pengertian arus ini dapat bermacam-macam.

Aki pada motor dan mobil dirancang terutama untuk melakukan start di awal , dengan kebutuhan arus tinggi namun hanya sebentar. Untuk itu tipe aki adalah ‘starter battery’, bukan jenis ‘deep cycle battery’.

Pada aki motor/mobil, pemakaian utama aki tersebut adalah untuk starter motor di awal yang memerlukan arus sangat besar. Setelah mesin motor/mobil menyala, pemakaian arus kecil saja. Batere jenis ini dikenal dengan baterai starter atau baterai SLI (Starting, Lighting, Ignition) . Struktur di dalam aki starter ini lebih untuk mencapai kemampuan arus yang besar, biasanya dengan cara menambah luas permukaan pada elektroda yang dipakai.

Parameter penting pada starter battery adalah CCA (Cold Cranking Performance), secara mudahnya adalah kemampuan arus maksimum pada temperatur dingin (terutama untuk di negara 4 musim). Definisi CCA ini dapat dibaca di situs Yuasa UK (https://www.yuasa.co.uk/info/technical/understanding-the-specifications/)

Penampang belakang
Penampang belakang aki Yuasa YB5L-B

Sebagai contoh untuk aki tipe Yuasa YB5L-B, kemampuan arusnya adalah sebagai berikut: (dari datasheet Yuasa YB5L-B)

  • Voltage: 12 volt
  • Capacity (10 hour) : 5Ah
  • Capacity (20 hour): 5,3 Ah
  • CCA (@-18°C : 60 A

Penjelasan:

  • Capacity (10 hour) : 5Ah” artinya aki ini dapat memberikan arus 5 ampere selama 10 jam. Jadi daya yang diberikan adalah P=V x I = 12 x 5 = 60 watt selama 10 jam.
  • Capacity (20 hour) : 5,3 Ah” artinya aki ini dapat memberikan arus 5,3 ampere selama 20 jam. Jadi daya yang diberikan adalah P=V x I = 12 x 5,3 = 63,6 watt selama 10 jam. 
  • CCA (@-18°C : 60 A” : artinya aki ini dapat memberikan arus 60 ampere pada temperatur minus 18 derajat Celcius. Tidak diberikan jangka waktunya, namun biasanya cukup beberapa detik saja untuk melakukan start kendaraan. Daya yang diberikan adalah P = V x I = 12 x 60 = 720 watt (teoritis)

Referensi

2 thoughts on “Aki Motor Berapa Watt?

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.