Cara Menyalakan Arduino UNO

Pin Arduino UNO

Cara Menyalakan Arduino UNO

Cara menyalakan Arduino UNO adalah dengan menyambungkan catu daya (power supply) ke pin power pada Arduino UNO. Pada Arduino UNO ada beberapa pin power.

Berikut ini skema pin-pin pada Arduino UNO

Pin Arduino UNO
Pin Arduino UNO

Pin power yang dapat dipakai adalah sebagai berikut:

  • Power Jack, umumnya menggunakan tegangan 7 volt sampai 12 volt. Dilengkapi dioda pengaman untuk melindungi polaritas terbalik.
  • USB Jack, menggunakan tegangan 5 volt dari komputer atau USB charger
  • pin VIN, umumnya menggunakan tegangan 7,5 volt sampai dengan 12 volt seperti power jack. Namun VIN ini tidak diamankan dengan dioda.

Uraian

Pemberian tegangan catu daya yang keliru dapat merusak Arduino UNO dapat merusak Arduino UNO. Pembahasan lengkapnya di artikel “Cara Merusak Arduino“. Berikut ini ringkasannya.

Rangkaian Catu Daya Arduino UNO
Rangkaian Catu Daya Arduino UNO

Regulator menggunakan IC MC33269D-5.0. Regulator ini memiliki tegangan drop 1,0 volt, sehingga tegangan minimum pada VIN adalah 5 volt  + 1 volt + 0,7 volt (tegangan pada D1). Jadi Jack power memerlukan tegangan minimum 6,7 volt. Untuk amannya dapat menggunakan tegangan tegangan 7 volt.

Tegangan maksimum pada IC MC33269D-5.0 adalah 20 volt , disebut di bagian Maximum Ratings pada datasheet. Jadi tegangan power jack harus dibatasi di bawah 20 volt supaya tidak merusak regulator MC33260D-5.0. Untuk amannya pakai saja 12 volt supaya regulator tidak terlalu panas.

Pin VIN menggunakan  regulator yang sama, namun tidak melalui dioda pengaman D1. Jadi kalau tegangan pada VIN terbalik, maka catu daya akan langsung rusak.

Referensi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.