Behringer UM2 Audiophile 2×2 USB Audio Interface

Tampak atas Behringer UM2

Behringer UM2 Audiophile 2×2 USB Audio Interface

Foto-foto Behringer UM2

Tampak atas Behringer UM2
Tampak atas Behringer UM2

Di bagian atas terdapat 3 buah potensiometer. Potensiometer paling kiri untuk mengatur penguatan input mikrofon. Potensiometer tengah untuk mengatur penguatan input instrumen. Potensiometer kanan untuk output ke headphone.

Tampak depan Behringer UM2
Tampak depan Behringer UM2

Pada bagian kiri adalah input mikrofon / line in. Di sebelahnya ada 2 lampu, CLIP dan SIG. SIG berwarna hijau menyala kalau terdeteksi ada sinyal pada input MIC/LINE1. CLIP berwarna merah, menyala kalau input terlalu besar. Jika lampu CLIP menyala, artinya penguatan di potensiometer MIC/LINE perlu dikurangi.

Di tengah ada input INST 2, dirancang untuk masukan alat musik seperti gitar elektrik. Di sebelahnya ada lampu indikator CLIP/SIG.

Ada 1 tombol DIRECT MONITOR, fungsinya untuk mengirimkan sinyal langsung dari mikrofon ke output headphone. Jika tombol ditekan, sinyal input dari MIC/LINE1 dan INST2 dikirim langsung ke headphone. Jika tombol tidak ditekan, headphone hanya menerima input dari komputer desktop/laptop.

Dekat colokan headphone ada 2 lampu: POWER dan +48V. POWER untuk indikasi bahwa alat sudah menyala, artinya sudah disambung ke USB. +48V artinya phantom power aktif di MIC/LINE1.

Tampak belakang Behringer UM2

Tampak belakang Behringer UM2

Di bagian belakang dari sebelah kiri ada output RCA dua kanal (R dan L), colokan USB dan tombol phantom power +48V on/off.

Rangkaian dalam Behringer UM2
Rangkaian dalam Behringer UM2

Di bagian dalam terlihat rangkaian yang cukup kompleks.

Casing Behringer UM2 ini mayoritas terbuat dari plastik, jadi tidak terlalu tahan bantingan jika dipakai di panggung, dan juga memungkinkan sinyal dari luar masuk ke rangkaian di dalamnya. Casing logam hanya di bagian panel depan dan panel belakang. Casing logam ini juga tidak diground secara serius, jadi tidak terlalu berfungsi melindungi terhadap noise.

Manual dan perangkat lunak untuk Behringer UM2 tersedia di situs web nya, di https://behringer.com/product.html?modelCode=P0AVV

 

2 thoughts on “Behringer UM2 Audiophile 2×2 USB Audio Interface

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.