Analisis Rangkaian Power Supply

Analisis Rangkaian Power Supply

Permasalahan:

mau rakit ampli menggunakan trafo ct 18 VAC tapi setelah melewati dioda kiprok kok jadi 34 VDC

 

Rangkaian tersebut adalah full-wave bridge rectifier, dengan skema sebagai berikut (sumber):

Bentuk sinyal dari rangkaian di atas masih belum rata, karena belum ada kapasitor filter.

Tegangan input mengambil dari terminal 18 volt dan 18 , sedangkan transformator mempunya center tap (CT),  sehingga tegangan AC yang masuk ke dioda bridge adalah 18 volt rms (root mean square).

Untuk menggambarkan sinyal ini, perlu diubah menjadi tegangan puncak, dengan rumus Vpeak = Vrms * 1.414, sehingga Vpeak = 36 x 1.414 = 50.904 volt

Bentuk tegangan output bridge adalah seperti sebagai berikut (sinyal warna hijau), dibandingkan dengan sinyal input (warna merah):

Sebenarnya sinyal output bridge akan berkurang sedikit karena ada tegangan drop pada dioda, namun pada gambar tersebut tegangan drop tersebut diabaikan dulu.

Jika tegangan output bridge diukur dengan voltmeter DC, maka yang diukur adalah rata-rata tegangan yang warna hijau. Rumusnya adalah Vaverage = 0.637 Vmax  = 0.9 Vrms

Sumber rumurs: https://www.electronics-tutorials.ws/power/single-phase-rectification.html

Diagramnya sebagai berikut:

Sinyal hijau adalah output dari bridge, berupa sinyal sinusoidal yang sudah disearahkan.

Tegangan yang terukur pada voltmeter DC adalah rata-rata, yaitu sebesar 32.4 volt

Pada foto yang terukur adlah 34.6 volt, kemungkinan karena ketidaktepatan tegangan output transformator. Kalau mau lebih pasti, dapat diukur berapa tegangan output transformator atau input bridge dengan voltmeter AC (AVOmeter pada setting AC).

Tips: AVOmeter standar pada setting DC hanya dirancang untuk mengukur tegangan DC atau rata-rata, sedangkan pada setting AC hanya untuk mengukur tegangan AC rms (root-mean-square). Jika bentuk sinyalnya bukan DC atau AC murni, maka angka yang ditampilkan kurang tepat. Pada sinyal yang bukan DC ataupun AC murni, lebih tepat menggunakan osiloskop untuk mengukur sinyalnya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.